NubieReview.com

Game, Software, Hardware Review

10 Hal Menarik dari The Division

top

line

Halo noobers, tidak terasa kita telah masuk di pertengahan bulan Maret, dan kejutan-kejutan telah hadir dalam bulan ini terutama, dari dunia yang kita cintai yaitu, game. Salah satu kejutan dibulan ini adalah, hadirnya game Open World berbasis multiplayer online dari Ubisoft yaitu, The Divison.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang 10 hal yang perlu kalian ketahui sebelum, memainkan atau membeli game ini.

Yang pertama :

Jalan Cerita/Plot

story 2

Singkat cerita, game ini bermula ketika sebuah virus yang di sebut “Green Poison”, menyebar di saat Black Friday (minggu keempat November) berlangsung di kota New York, yang dalam hitungan hari, menyebabkan kekacauan, dan terhentinya berbagai fasilitas yang biasa digunakan oleh masyarakat. Kekacauan ini, juga dimanfaatkan oleh para penjahat/criminal untuk mengambil alih kota New York.

Pemerintah Amerika Serikat, akhirnya mengaktifkan agen-agen mereka yang beroperasi dalam “The Strategic Homeland Division”, atau singkatnya “The Division”, yang selama ini, berbaur dengan masyarakat. Maksud dari pengaktifan ini, untuk membantu “Joint Task Force” atau singkatnya, JFT dalam mengganggapi situasi darurat tersebut.

Dari sebuah gedung, tempat basis operasi mereka, para agen akan mulai menjalankan misi, untuk menyelamatkan para anggota penting, dan menghadapi kelompok criminal. Para agen juga akan mengumpulkan sample dari “Green Poison” dan meneliti virus tersebut.

Kedua :

Dark Zone/Zona Hitam

dark zone

Zona ini bisa disebut juga Player vs Player (PvP) Area, di zona ini, player bisa bertempur melawan AI (bot) maupun player yang lainnya namun, tidak seperti game lain yang berbasis PvP dalam game ini, player dapat memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka, atau membunuh mereka, dan mengambil barang milik mereka. Dengan memilih untuk membunuh mereka maka, kalian akan berstatus “Rouge” yang menjadi ancaman bagi agen atau player lain yang membuat mereka langsung menyerang ketika melihatmu. Terdapat juga system ranking, yang dapat dinaikkan lavelnya dengan cara membunuh AI (bot), meyelesaikan misi di Dark Zone, atau membunuh agen “Rouge”. Yang perlu kalian ketahui adalah, Jika kalian terbunuh dalam pertempuran di Dark Zone maka, kalian akan kehilangan XP dan akan lebih banyak lagi kehilangan XP, ketika kalian terbunuh sebagai agen “Rogue”.

Ketiga :

Elemen RPG

rpg

Ini salah satu elemen yang juga menarik dari game ini. Ketika memulai game ini, kalian akan memilih Kelas atau lebih sering disebut Job untuk karakter kalian, selama game ini kalian mainkan. Sekalipun game ini terlihat seperti game-game shooter lainnya namun, karena adanya elemen RPG ini kalian tidak akan mudah membunuh musuh apalagi, dengan sekali tembak kecuali, kalian memililki persenjataan yang canggih dan bertempur melawan musuh yang levelnya jauh di bawah kalian. Elemen RPG juga, memungkingkan kalian untuk mendapatkan kemampuan baru dan menggunakkanya dalam petualangan kalian.

Keempat :

Solo Play

solo2

Sekalipun The Division adalah game berbasis multiplayer online, developer game ini mengerti bahwa tidak semua orang memiliki teman ataupun tim sendiri ketika bermain. Untuk itu, game ini memungkinkan gamer untuk bermain secara Solo mulai dari awal permainan hingga akhir. Sisi baiknya adalah, kita dapat menjelajahi kota dalam game ini sesuka hati, sisi buruknya, tentu kita tidak merasakan bersosialisasi, merasakan kebersamaan ketika bermain, dan akan lebih sulit bertempur sendirian.

Kelima :

Co-op

co-op

Dalam game ini, kita dapat bermain secara co-op hingga 4 orang. Sangat direkomendasikan untuk bermain secara co-op (tim) karena, banyak hal yang ditawarkan game ini dapat kalian lakukan. Elemen RPG dalam game ini, akan bener-benar kalian rasakan dan nikmati, ketika bermain secara co-op.

Keenam :

Lingkungan

lingkungan2

The Division dikembangkan dengan menggunakan Engine terbaru dari Ubisoft sendiri, yang dinamakan, “The Snowdrop Engine”, dengan engine ini, keseluruhan dunia dalam The Division terlihat sangat detail dari pencahayaannya, refleksi ketika berganti waktu dari siang ke malam begitupun sebaliknya, hingga salju, dan benda-benda kecil lainnya yang terlihat persis seperti di dunia nyata. Singkatnya, ini akan menjadi game Open World terbaik yang pernah kalian mainkan.

Ketujuh :

Open World

the-division-gameplay

Seperti disinggung sebelumnya, The Division adalah game yang mengambil tempat dimana kalian dapat menjelajahi tiap sudut kota/map dalam game ini yup, Open World. Kalian dapat pergi kemanapun, dan melakukan apapun, ada banyak mission, side mission, dan banyak juga hal tersembunyi yang dapat kalian pecahkan. Kabar baik lainnya adalah, walaupun The Division adalah game Open World tapi kalian tidak perlu khawatir, game ini akan berjalan mulus tanpa satupun Loading Screen yup, kalian dapat berpindah dari satu area ke area lain, tanpa menunggu area tersebut di Load terlebih dahulu. Kalian tinggal berjalan atau, melewati tembok dan jreeennnggg kalian sudah berada di area tersebut, semudah seperti membuka pintu, dan masuk. Hal ini juga berlaku untuk hal lainnya dalam game ini. Pokoknya No Loading Screen!.

Kedelapan :

Costumization

costumisasi

Seperti di dunia nyata, di dalam game pun kita ingin terlihat nyentrik atau unik tentunya. The Division, memungkinkan hal ini terjadi. Namun, berbeda dari game RPG lain yang kostumnya terlihat monoton dari awal hingga akhir, dan juga terlihat mirip antara karakter yang kita mainkan dengan karakter yang orang lain mainkan. Dalam The Division, kalian tidak perlu khawatir nantinya terlihat mirip dengan karakter orang lain, kalian dapat tampil seunik mungkin dan seberbeda mungkin, hehe. Ada sekitar 10.000 kombinasi kostum yang dapat membuatmu terlihat berberbeda dan unik.

Bagaimana bisa seperti itu?, dalam The Division, terdapat 2 slot mode kostumisasi yaitu, Cosmetic Slot, dan Equipment Slot. Cosmetic slot, memungkinkan kalian mengkostumisasi tampilan dari karaktermu, slot ini terdiri dari 4 kategori yaitu, Head (kepala), Torso (tubuh), Legs (kaki/celana), dan Feet (kaki/sepatu), nah, masing-masing kategori tersebut masih memiliki detail lain yang dapat kalian kostumisasi lagi jadi, kombinasinya bisa sangat banyak kan.

Berbeda dengan Cosmetic slot, yang hanya terbatas pada fashion, Equipment slot memungkinkan kalian untuk mengkostumisasi item yang dapat membuat karakter kalian lebih kuat. Equipment slot terdiri dari 6 kategori yaitu, Armor (rompi anti peluru), Gloves (sarung tangan), Thigs (sarung pistol bagian paha), Knee Pads (bantalan lutut), dan Bags (tas). Namun, kategori-kategori ini tidak memiliki detail yang dapat kalian kostumisasi lagi. Item-item pada kedua slot dapat kalian temui seiring kalian bermain, perlu diperhatikan, untuk item-item pada Equipement slot harus disesuaikan dengan item yang telah kalian pakai sebelumnya, jangan sampai memakai item yang justru dapat menurunkan statistic karakter kalian. Item pada Equipment slot, juga dibagi berdasarkan rangking/rarity (kelangkaan) mulai dari yang bisaa, hingga sangat langka. Rarity ini dapat kita klasifikasi berdasarkan warna mulai dari putih, hijau, biru, ungu, dan orange (paling langka). Kostumisasi dan klasifikasi rarity, juga berlaku untuk senjata yang kalian pakai, kurang lebih ada 5 slot pada masing-masing senjata yang dapat kalian kostumisasi, plus kalian juga dapat mengganti skin dari senjata kalian agar terlihat berbeda.

Kesembilan :

Crafting

The-Division---Crafting-011

Crafting system didalam game The Divison, memungkinkan kalian untuk membuat item baru ataupun mengupgrade item yang kalian miliki, dengan menggunakan suku cadang yang kalian kumpulkan dalam petualanganmu. Masih ingat klasifikasi rarity item dari yang biasa hingga yang sangat langka? nah, hal ini pun berlaku untuk suku cadang crafting, untuk membuat senjata, atau perlengkapan dengan klasifikasi sangat langka (orange) maka, kalian harus memiliki suku cadang dengan klasifikasi yang sama untuk membuat senjata atau perlengkapan tersebut. Selain itu, kalian membutuhkan blueprints sebagai resep, untuk membuat sebuah material dari suku cadang tersebut.

Kesepuluh :

Gameplay

the-division-player-stories-12-15-gameplay-171

Seperti yang kita lihat pada trailer-trailer game ini sebelumnya, The Division adalah sebuah game Third Person Shooter atau game dengan sudut pandang orang ke tiga, jika kalian pernah memainkan game Tom Clancy’s : Ghost Recon Future Soldiers maka, game ini terasa seperti game tersebut, bagi saya tidak ada sedikitpun kesulitan yang akan kalian temui dalam mengontrol karakter kalian, semuanya terasa sangat mudah dari menembak, berlindung, berlindung sambil menembak, hingga berlari dari satu tempat perlindugan ke tempat perlindungan yang lain, semuanya mudah. Dan khusus untuk menembak, game ini terasa sangat mulus, cepat, responsif, dan akurat sekalipun, menggunakan Stick.

Yup, itulah 10 hal terbaik yang menurut saya perlu kalian ketahui sebelum bermain atau membeli game ini. So, selamat bermain, dan Be Nice to the Other Player, will ya ;). See u in the game, and see u on the next article. Thanks.

(by : Moccachiatto), sumber gambar : Google.

Related Article

You are here: Home Review Game 10 Hal Menarik dari The Division